icon icon
Jayalah Indonesiaku, dan teruslah berkarya

Mengenal Jenis-jenis Gangguan pada Jaringan

Assalamu'alaikum wr. wb.


Pada kesempatan kali ini admin Faiz akan berbagi konsep tentang "Keamanan Jaringan" atau bahasa kerennya "Network Security". Tapi sebelum itu kita akan mengidentifikasi jenis-jenis gangguan pada jaringan.

Jenis gangguan pada jaringan adalah sebagai berikut.

  • Hacking
Iya hacking, adalah suatu gangguan yang menyebabkan pengrusak pada sebuah infrastruktur yang telah dibuat. beberapa teknik hacking yaitu antara lain : DoS (Denial of service), SQL injection.
  • Phising

Siapa yang tidak kenal dengan physing, metode tersebut merupakan salah satu yang biasa juga di pakai hacker untuk beraksi di sosmed. adalah pemalsuan terhadap data resmi yang dilakukan untuk hal-hal tertentu untuk diambil keuntungan dari data tadi, (tergantung keinginan hackernya!!!!).


  • Deface


Apa itu ya? Ane baru tau….. defininya yaitu suatu aktifitas merubah sebuah tampilan suatu website secara illegal (tanpa ijin dari pemiliknya). Atau lebih jelasnya itu meng-index website tadi dengan file “index.php” buatan yang merubah tampilan tadi.


contoh situs yang kena defacement.  


  •   Carding


Adalah aktifitas mencuri (Mencuri itu haram hukumnya) data terhadap identitas perbankan seseorang yang digunakan untuk diambil keuntungan tertentu. Biasanya hal ini dilakukan oleh cracker bukan hacker. Untuk lebih jelasnya baca : Perbedaan Hacker & Cracker
 

Sekian dari saya ;-) see you.... 
Next Post
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar